Hakikat Kematian


Salah satu makna kematian adalah kematian sebagai proses penyucian terhadap dosa-dosa yang tidak bisa kita bersihkan sepanjang hidup kita. Ada sebuah hadis qudsi yang sangat menyentuh …. :

Dulu ada seorang Raja yang sepanjang hidupnya hanya berbuat maksiat dan zalim. Kemudian ia jatuh sakit. Para tabib meminta raja agar mengucapkan selamat berpisah saja, sebab ia tidak bisa disembuhkan kecuali dengan sejenis ikan. Sekarang ini bukan musimnya ikan itu muncul dipermukaan laut. Tuhan mendegar itu, memerintahkan para malaikatnya untuk menggiring ikan-ikan agar muncul di permukaan. Raja akhirnya dapat memakan ikan itu. Ia sembuh.

Pada saat yang sama, dinegeri yang lain, ada seorang Raja yang adil, saleh, jatuh sakit. Para tabib juga mengatakan bahwa ubat penyakitnya ialah ikan yang sama. Tapi jangan khawatir, sekarang ini musim ikan itu muncul di permukaan laut. Sangat mudah memperoleh ikan itu. Tuhan memerintahkan pada malaikat untuk menggiring ikan-ikan itu untuk masuk ke sarang-sarangnya. Dan Raja yang adil itu menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Konon, di alam malakut sana para malaikat bingung seperti kita juga. Mengapa doa raja yang saleh itu tidak dipenuhi, sementara doa raja zalim itu dipenuhi ?

Kemudian Tuhan berkata ” Walaupun raja yang zalim ini banyak berbuat dosa, pernah juga dia berbuat baik. Demi kasih sayang-Ku, Aku berikan pahala amal baiknya. Sebelum meninggal dunia, masih ada amal baiknya yang belum Aku balas. Maka Ku segerakan membalasnya, supaya dia datang kepadaKu hanya dengan membawa dosa-dosanya…” Ertinya sudah tidak ada lagi amal salehnya yang harus dibalas.

Demikian juga dengan Raja yang saleh itu. Walaupun ia banyak berbuat baik, ia pernah juga berbuat buruk. Aku balas semua keburukannya dengan musibah. Menjelang kematiannya masih ada dosanya yang belum Kubalas. Maka Aku tolak doanya untuk mendapat kesembuhan, supaya bila ia datang kepadaKu, ia hanya membawa amal salehnya”

(2) Kata Nabi saw, ada dosa yang tidak bisa dihapus dengan apa cara pun kecuali dengan sulitnya mencari nafkah yang halal ” Dari musibah dan kesulitan mencari nafkah halal ada proses penyucian yang Allah berikan kepada kita.


Posted by Master G under BICARA MASTER G, TAZKIROH

http://www.7chakra.com/reiki/

Popular Posts